Jumat, 16 November 2007

ilmu sejati

Syekh Siti Jenar satu di antara yang tahu akan kematiannya --walau bab kematian ini ada dua versi. Versi pertama menyebut lehernya ditebas para wali. Versi kedua menulis Siti Jenar menghendaki kematiannya sendiri dengan cara menutup jalan pernapasan.

Hingga kini, ajaran Siti Jenar tetap dianggap kontroversial. Ia dituding berseberangan dengan Wali Songo, dan karena itu harus dilenyapkan sebelum ''meracuni'' umat Islam. Walau diancam, ia tetap kukuh dengan pemahamannya manunggaling kawulo Gusti --menyatunya Tuhan dengan manusia.
Ia hanya membabar ilmu hakikat hidup.

Ia merasa kehadiran Allah sangat dekat. Allah lebih dekat daripada urat leher. Ia menganggap hidup adalah kematian, sedangkan mati adalah kehidupan. Hidup yang tak tersentuh oleh kematian, itulah kehidupan sejati.

Untuk mendapatkan ilmu sejati, manusia harus sunyi dari pamrih. Tak boleh dengki. Bebas dari kekalutan dan kecemburuan. Hati dan pikiran jadi satu, tak ada konflik batin. Hening atau diam adalah usaha manusia untuk tidak menimbulkan riak kenegatifan dalam hidup.

Bila manusia sudah mampu mewujudkan pribadinya seperti itu, dia tak akan merasa lelah atau sakit dalam menempuh kehidupan. Suka-duka yang dialami, itu karena manusia kehilangan jati dirinya. Jiwanya lagi kosong. Belum bersih dan pasrah.

43 Komentar:

Blogger agus mengatakan...

hai ary aku adalah salah satu anggota dari perguruan ilmu sejati,akan tetapisaya belum tahu manfaat dari ilmu tersebut,saya hanya merasakan tubuh bergetar kencang seolah -olah badan ini digerakkan oleh angin dan melalui chat ini saya berharap dapat belajar bersama.no hp aku 085245071140

16 Agustus 2008 01.02  
Blogger agus mengatakan...

jujur aja saya mendapatkan ilmu tersebut dari orang tua saya,ilmu tersebut diberikan kepada saya,akan tetapi orang tua saya meninggal terlebih dahulu,jadi saya belum mendapatkan wejangan dari almarhum,sehingga saya belum bisa mengenal apa kegunaan dan manfaat dari ilmu tersebut.HAKU ADAM HAKU MUHAMMAD HAKU ALLAH

16 Agustus 2008 01.11  
Blogger widharto mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

16 April 2009 22.23  
Blogger Mas Wahyu mengatakan...

Menurut sdr. Agus, Apakah ilmu sejati itu?..apakah yg dimaksud sdr ilmu sejati adalh semacam ilmu kanuragan yang sejati, yang tak bisa ilang, yang menyatu pada diri manusia?,.apakah keberadaan ilmu sejati dapat kita rasakan dengan badan kasar kita? seperti yang di utarakan sdr, tubuh terasa bergetar kencang ketika mendapatkan ilmu ini??

7 Mei 2009 02.33  
Blogger deddytita mengatakan...

saya deddy dari blitar -jawa timur
ajaran ilmu sejati saya ketahui dari almarhum kakek saya Kasidi sastroadmodjo . bersama keluarga saya berterima kasih kepada teman teman ajaran ilmu sejati meskipun saya secara pribadi belum faham sepenuhnya ajaran ilmu sejati , untuk itu saya sangat berterima kasih jika saudara dan anda sekalian saling berbagi pengetahuan di dalam ajaran ilmu sejati dterima kasih semoga persaudaraan dan persahabatan kita bisa berjalan dengan lebih baik lagi di masa yang akan datang. terima kasih

17 Mei 2009 05.11  
Blogger deddytita mengatakan...

teman teman saudara sederek sedulur dan handai taulan semoga kita bisa meningkatkan tali persaudaraan kita di dalam ajaran ilmu sejati dan terima kasih bayak untuk teman teman yang memiliki informasi ajaran ilmu sejati secara lengkap sudilah untuk berbagi . terima kasih banyak sebelumnya

17 Mei 2009 07.37  
Blogger beta mengatakan...

nama saya beta, rumah saya blitar, umur saya masih 21 tahun...
teman-temanku, aku menganut Ilmu Sejati sejak umur 17 tahun. sedikit-sedikit saya tahu apa itu ilmu sejati. ayah saya juga menganut ajaran ilmu sejati. kemarin, ayah saya menghubungi mas agus tapi nomor mas agus gak aktif. kalau ada yang mau menanyakan lebih lanjut tentang ilmu sejati, alamatnya di blitar jalan halir bendogerit, cuma nomor berapa saya lupa, tapi jelas kok gedungnya yang mana. atau hubungi nomor ayah saya 08123301890. ayah saya akan bersedia dengan senang hati menjelaskan apa yang bisa dan boleh dijelaskan kepada panjenengan semua....

11 Juni 2009 21.03  
Blogger widharto mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

12 Juni 2009 05.26  
Blogger nar mengatakan...

saya orang jawa yang merantau ke kalimantan timur th 2004 silam, pada tahun 1998 saya pernah belajar ilmu sejati dan mendapat wahyu kolocokro ketika belajar pada Dimas Eko Setiawan di Butuh Boyolali, namun saya masih bingung cara menggunakan dan cara mengasahnya ! Tolong bagi sedulur yang mau berbagi ilmu hubungi saya di email saya ; narwanto86@gmail.com. Matur suwun

15 Juli 2009 08.00  
Blogger Abdul.Ghaffar mengatakan...

Maaf sebelumnya saya abd ghaffar dari jambi, saya juga sangat berminat dengan ilmu sejati tapi saya belum bertemu dengan orang yang bisa mengajarkan secara full, banyak para kyai di jawa yang bisa tetapi setiap saya minta untuk mengajarkan kepada saya jawabnya selalu "belum waktunya", sedikit yang saya tahu dari wejangan yg pernah saya dapat bahwa ilmu sejati itu mengajarkan kesejatian diri manusia (sangkan paran dumadi), sesungguhnya manusia diciptakan sudah di bekali ilmu dan kemampuan yang sempurna untuk menjadi khalifah, alqur'an pun di letakkan dalam diri manusia, gambaran jagad raya dan seluruh isinya juga ada dalam diri manusia, ilmu bahasa seluruh makhluk juga ada. Karna itu jangan heran jika orang yang bisa ilmu sejati bisa menentukan kapan dia ingin mati karena dia sudah tahu jalan mati yang sebenarnya, kemanakah unsur2 dan komponen2 yang membentuk sebuah manusia ini di kembalikan ke tempatnya masing2. perbandingan alam yg nampak di mata biasa dgn ilmu sejati ibarat gunung di tengah lautan, yg nampak di permukaan laut itu alam manusia awam ini dan yg di bawah permukaan laut itu alam sejati. Tanda2 orang yg ilmu sejatinya mumpuni adalah hidupnya tenang dan damai walau serba kekurangan, tidak menggebu mencari harta, tidak pernah minta upah jika menolong orang lain bahkan jika diberi upah tidak akan pernah mau karna dia cuma mengharap ridha Sang Pencipta, jarang berbicara selain bicara yang menyejukkan hati dan apa adanya. Kalo ada di antara teman2 yg punya guru seperti tersebut di atas dan mau memberikan wejangan tolong beritahu saya karna saya sangat mengharapkan.
Abd Ghaffar.
+6285266477796
maghaffar.s@gmail.com

21 September 2009 20.35  
Blogger petani sejati mengatakan...

Untuk Mas Agus....Saya Dadang dari Banyuwangi...saya mengerti apa yang anda rasakan. lebih baik anda ingat-ingat siapa yang mewirid sampean. lebih baik pula bila anda bertanya secara langsung dan blak-blakan. semestinya anda tidak menuliskan kata-kata yang memang tidak diperkenankan ditulis didepan publik. saran saya lebih baik anda kembali bertanya dan mengulas lebih lengkap pada Beliau y mewirid Anda.

24 September 2009 07.44  
Blogger petani sejati mengatakan...

Untuk mas Widharto....
Perkenalkan nama saya Dadang dari Banyuwangi...untuk memahami lebih dalam tentang ajara Ilmu Sejati tidak cukup 1 - 2 tahun. tetapi cukup lama seiring dan sejalan perkembangan pemahaman Saudara. Untuk mengasah pemahaman Saudara sebaiknya Saudara mendalami kepada orang yang memperkenalkan Ilmu Sejati kepada Saudara....Dalamilah dari Beliau. Sebab bukan rapalnya tetapi langkah langkah kita dalam hidup ini yang berat. atau lelalukunya yang memang berat...itu bagi orang yang enggan belajar...tetapi y mau belajar akan mudah mejalaninya. Ok

24 September 2009 07.51  
Blogger widharto mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

24 September 2009 21.39  
Blogger eko mengatakan...

to mas widharto
kulo eko saking banyuwangi
kulo kepingin luwih mangertos babgan kawruh nyoto.
menawi longgar, kulo kepingin caturan kalih panjenengan.
ing ngandhap puniko alamat email kulo:
m.raden61@yahoo.co.id

30 September 2009 08.12  
Blogger eko mengatakan...

Nuwun
Ilmu sejati pada hakekatnya adalah ilmu dunung.
Dunung merupakan istilah Bahasa Jawa dengan pemaknaan yang relatif dalam. Arti harfiahnya adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya.
Belakangan ini banyak perkembangan yang menghantui dari PoroKadang karena banyaknya berbagai pemahaman. Hal ini wajar, karena pemahaman Dunung sangat subyektif, tergantung dari IQ, EQ, dan SQ masing masing pribadi.
Dari gambaran di atas, seyogyanya kita bertemu untuk berembuk. Yang perlu dirembug adalah apa yang telah kita yakini, yang kita kehendaki, khususnya tingkat keprihatinan kita bersama. menggali dan mengkaji yang bersifat luhuring Budi Pakarti yang layak jual dimata publik
Dalam tulisan ini saya menegaskan, barang siapa yang meragukan kekuasaan Tuhan, pasti menerima kegelapan.

Nuwun

email yang bisa dihubungi : m.raden61@yahoo.co.id
HP yang bisa dihubungi : 085258871061
register : 5457

30 September 2009 20.49  
Blogger Mas An mengatakan...

Sdikit yang saya tahu tentang ilmu sejati,, Ilmu Sejati itu sendiri maksudnya pengetahuan yang nyata,, atau dalam bhasa jawa biasa dsbut kaweruh kang nyoto,!
contohnya manusia atau, manungso, inggih meniko manunggaling roso,, roso mu yo roso ku,, mulo ojo njiwit lek gk gelem dijiwit,,

klo pnya saran yg lbih,, add sja di FB saya (Yuan Nufa)

13 Desember 2009 07.32  
Blogger alexei mengatakan...

salam kenal, saya rizki dari surabaya..saya ingin tahu lebih dalam mengenai isi dan pemahaman dasar dari "ilmu sejati". mungkin saudara dadang atau petani sejati, dan saudara2 yang lain dapat membantu saya memperoleh pemahaman mengenai ilmu sejati dengan melalui email saya di : findme_god@yahoo.com
terima kasih banyak....

7 Januari 2010 03.13  
Blogger gunaryo mengatakan...

naryo urun rembuk
saking kaltim (balikpapan)
dalam komentar sederek2 ing nginggil
ada yg mengatakan belajar ilmu sejati tdk cukup 1 -2 tahun, ada yg nyampaikan seumur hidup, semuanya benar sebab saya sendiri sudah umur 46 tahun baru sedikit yg saya pahami pada hal saya diberi wejangan mulai th 1980.menurut saya kegunaannya untuk menghantarkan kita menuju hidup yang sempurna, (kasampunaning urip)dan mengetahu siapa diri kita ini (dari mana, di mana dan mau kemana. Ya kira2 itulah menurut pemahaman saya.
e-mail gun4ryo@yahoo.co.id

13 September 2010 13.35  
Blogger gunaryo mengatakan...

naryo urun rembuk
saking kaltim (balikpapan)
dalam komentar sederek2 ing nginggil
ada yg mengatakan belajar ilmu sejati tdk cukup 1 -2 tahun, ada yg nyampaikan seumur hidup, semuanya benar sebab saya sendiri sudah umur 46 tahun baru sedikit yg saya pahami pada hal saya diberi wejangan mulai th 1980.menurut saya kegunaannya untuk menghantarkan kita menuju hidup yang sempurna, (kasampunaning urip)dan mengetahu siapa diri kita ini (dari mana, di mana dan mau kemana. Ya kira2 itulah menurut pemahaman saya.
e-mail gun4ryo@yahoo.co.id

13 September 2010 13.36  
Blogger surya mengatakan...

asalamualikum.....
saya surya(19th) dr lampung....
ayah saya adalah seorang VETRAN yg menganut ILMU SEJATI sesuai dengan yang d bahas pada koment2 artikel ini ,dan ayah saya menyampaikan bahwa saya sudah waktunya d wejang/wirit,.....

saya butuh keterangan lebih lanjut tentang ilmusejati, karna saya masih belum paham tntang ILMU SEJATI dan EVEK SAMPING nya dengan perguruan yang saya dalami saat ini...

nomor2 di atas susah d hubungi,,,,

tolong partisipasi dan sumbang serannya
hubungi saya
083168206478
087798875355

9 Maret 2011 17.46  
Blogger surya mengatakan...

maaf atas kecerobohan saya.....

tolong jelaskan secara umum d email saya atau sms....

surya7446@yahoo.com
087798875355
083168206478

9 Maret 2011 18.08  
Blogger surya mengatakan...

kpd..pak wiharto....
alamat email yang saya lampirkan salah.....

e-mail: surya7446@ymail.com

lalu nomor anda saya cari2 lagi tidak ketemu......
tolong sms saya lg ya,,,
ada yang ingin saya beri tahukan kepada anda....

10 Maret 2011 02.23  
Blogger jutawan sukses mengatakan...

Numpang lewat Nama saya Mudjiono
sebelum belajar ilmu sejati sebaiknya diperbaiki dulu ahklak kita dg rasa cinta dan kasih sayang.
Belajar ilmu sejati
Sebelum belajar ilmu sejati hrs Ada niat yg tulus dengan niat berarti Kita hrs menyiapkan tempat/wadah mengingat nantinya yg datang orang yg bersih/suci jadi bersihkan dulu tempatnya dg beraklak yg baik.
Segala sesuatu yg diciptakan pasti Ada maksud dan tujuannya, maka kita hrs belajar untuk paham dan mengerti agar tdk kebingungan di dunia/diakhirat.
2. Cari pembimbing yg sdh paham dan mengerti serta dapat membuktikan karena ilmu sejati adalah amanah untuk keslamatan.
Inti Dari ilmu sejati adalah untuk mengenal diri dan mengenal tuhan. Untuk mencapai tingkatan hamba yg beriman, serta keselamatan (Islam )ini sangat minoritas, kita bisa lht banyak yg mengaku beriman, Islam tapi tingkah lakunya menunjukan ketidaktauan dg apa yg di ucapkan dan apa ygdilakukan ( seperti orang mabok) sesuai dg firman Allah, janganlah kamu sholat dalam keadaan mabok ( mabok ketidaktauan, angan-angan, harta,tahta,wanita )
Kalau hati kita sdh bersih ilmu ilmu agama Akan diturunkan Alloh kpd kita, ingat bahwa semua agama mengajarkan cinta dan kasih sayang namun yg kita lihat pemeluknya sdh banyak yg ingkar. Sehingga pengaruh thdp alam maka terjadi bencana alam dimana mana karena tingkah laku manusia.
3. Bahwa Muhammad rosulluloh menerima wahyu yg pertama adalah iqroq artinya bacalah, apa yg dibaca? Perlu diketahui bahwa semua di muka bumi ini adalah ayatnya Alloh, namun Ada satu ayat yg paling sempurna yaitu manusia
Itulah yg hrs di baca krn semua isi dunia ini Ada dalam diri manusia itulah nuzulul Quran.
Bersambung........

13 April 2011 21.43  
Blogger Chandra mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

12 Februari 2012 08.28  
Blogger Mohamad Kholil mengatakan...

Apakah ini ilmu sejati yang berpusat di Madiun?

18 Maret 2012 05.13  
Blogger andebab@ymail.com mengatakan...

ande dr Malang
Sory

19 April 2012 09.09  
Blogger GANOTERAPI DGN HERBAL ALAMI mengatakan...

Saudara q sekalian.... Saya Ali dari gresik mau tanya....saya dapat info dari teman tentang Ilmu sejati..seperti apa sih Ilmu sejati itu.
dan ilmu ini bersumber dari mana....apakah dari Alqur'an dan hadist dan apakah ilmu ini tidak melencong dari garis2 keislaman yang selama ini kita anut selaku umat Nabi Muhammad SAW.
sebenarnya saya minat tapi masih takut kuatirnya ini ilmu hitam atau ilmu2 yang menimbulkan kemusyrikan.
saudara q sekalian yang bisa menjelaskan tentang ilmu ini tolong di jelaskan.supaya sreg di hati saya...dan insya Allah ikut bergabung dgn kalian..terima kasih atas infonya
info ke mohalimahsun@ymail.com

4 Mei 2012 09.28  
Blogger sininggami mengatakan...

saya saiful di tulungagung..rumah saya dekat dengan tempat perguruan ilmu sejati..saya umur 31 th pengen ikut perguruan ilmu sejati...apakah ilmu sejati itu agama ato sekedar ilmu saja sodara 2..mohon bimbingannya, soalnya saya dengar bisa membimbing kita pada jalan kebaikan, soalnya terus terang hidup saya sangat suram..trima kasih sebelumnya

13 Agustus 2012 22.01  
Blogger muhamad yahya mengatakan...

asalamualaikum,Syukur pada TUHAN yng memberikan pengetahuan,pada yng dikehendakinya,...!ILMU SEJATI adalah jalan(thoriq)yang JELAS,..!berpandu pada KITAB TUHAN yng nyata(yng tersirat):MANUSIA(kitab induk yang nyata)dan....Siapa yng tahu DIRINYA pasti tahu TUHANYA. ilmu SEJATI bukanlah Kanuragan/Kadigdayan..tetapi JALAN(thoriq) menuju kepada TUHAN.... Bukankah MANUSIA memiliki 10.000 tabir(hijab) yng menutupi pandanganya(dekatnya) kepada TUHAN,..tapi ketika kita Mengetahui JATI DIRI kita..semua TABIR itu akan lenyap ..! sehingga JELAS(terang)lah Pandangan kita terhadap (TUHAN)dan segala Ciptaanya..!......lalu,nikmat mana lagi yang kamu Dustakan..! allhamdulilah..!wasukurillah .! wala qaula walla quata illa billah..! dan....tidak ada yng didapat manusia itu ..kecuali apa2 yang di usahakanya..! sudahkah anda berusaha untuk bertemu denganNYA....?

20 Agustus 2012 22.26  
Blogger muhamad yahya mengatakan...

murid ILMU SEJATI kadang banyu urip(kampoeng reog)jl.banyu urip jaya 3 surabaya. nama: ANDRI ARISTANTO (mas andri)
FB : andriaristanto@yahoo.com

20 Agustus 2012 22.31  
Blogger surya koga mengatakan...

ora ono pangeran kang nyambut gawe,,,
akhirnya saya gabung d ilmu sejati,,,

saya harap ada yg mw membimbing saya mempelajari IS,,

hubungi saya... 08991214211
085369614966

16 Oktober 2012 01.07  
Blogger lutfi hakim mengatakan...

Sebelumnya sy mau penjelasan yg gamblang sbb menurut literatur banyak yg menyebutkan bahwa ilmu sejati identik dg ajaran syeh siti jenar,,sedang syeh siti jenar sendiri oleh wali songo di anggap murtad krn menyebarkan ajaran yg melenceng dr kaidah islam.. Terus klo kita mempelajari ilmu sejati apa kita bukan termasuk pengikut syeh siti jenar??

26 November 2012 22.22  
Blogger arya dewa mengatakan...

buat yg belum tau kebenaran ajaran syeh siti jenar dan kematian syeh siti jenar yg sebenarnya ..bacabuku berjudul: SURAT SYEH SITI JENAR

12 Juni 2013 07.43  
Blogger arya dewa mengatakan...

ilmu sejati menjadikan manusia semakin sabar menghadapi setiap masalah...

12 Juni 2013 07.46  
Blogger arya dewa mengatakan...

ilmu sejati dapat diturunkan dan diajarkan hanya sampai turun 13 ,,,habis itu tidah boleh diajarkan ...sudah tutup buku (WEDAK SINUMPET)jdi klo ada yg mengajarkan setelah turun 13 itu berarti melanggar pantangan ,dan yg jelas akan kena BALAK...karena itu sudah terjadi pda kakeku yg turun 13..,,beliau memaksa mengajarkan ilmu sejati ke turun 14...al hasil ...kakekku kena BALAK ( CELAKA)

12 Juni 2013 07.52  
Blogger bintang lalana mengatakan...

Asalammualaikum...
Nama saya bintang dari malang, saya senang sekali membaca blog ini untuk bertukar kaweruh, tetapi untuk murid janganlah mengumbar apa yg seharusnya menjadi pegangannya karena mengumbar pegangan atau wirid saudara berarti saudara membuka jalan ketidak baikkan untuk saudara sendiri. kalau mau bertukar kaweruh cukup keterangannya saja jgn smpai lebih kalau mau lebih sebaiknya dipemulangan saja saudaraku.
untuk mz arya dewa, semoga kakek anda mendapat kesempurnaan dan bisa nyokro manggilingan, mz arya sesungguhnya di ilmu sejati tidak ada batasan untuk menurunkan atau hanya bisa mewirid cm 13 org mungkin celaka atau tidak naas seseorang telah digariskan, dan mungkin kakek anda lupa akan pengetnya. apakah anda sudah murid? kalau sudah jgn sampai terbawa nafsu mutmainah hati" sama gugon tuhon karena itu bisa menyesatkan saudara. Semoga apa yg saya tulis disini tidak menyinggung saudara2ku sekalian jikalau ada tutur kata yg membikin saudara2ku sekalian tidak berkenan dihati maafkan saya, mgkn Penataan katanya/ penyampaian sy yg kurang bisa lbh halus.
Gesang puniko sesarengan kalian pagesangan, pramilo tumindak kalian manah enget.
Suwun

22 Januari 2014 06.56  
Blogger PRANOWO ANDRI NUGROHO mengatakan...

Saudara - saudara semua seperguruan, bukankah sudah ada larangan untuk menulis 'Asmo Tigo' di kertas atau media apapun. Tolong Sdr. Agus segera menghapusnya, jika tidak Romo yang akan memanggil penjenengan untuk dimintai keterangan. nuwun. Murid

17 April 2014 08.42  
Blogger aries bujel mengatakan...

Asmo tigo dikir tarek ya klo bisa jng di tulis apa lagi sahadat kalimat kalih mas mas

2 Mei 2014 13.50  
Blogger aries bujel mengatakan...

Nama saya:supriadi
Alamat:tulungagong tepatnya ds.loderesan klo ada yg tau mbah tulus saya anaknya Saudaraku semua dlm menyingkapi ilmu sejati itu perlu pemahaman dn ilmu sejati bukan suatu agama dn dlm pengajarannya tidak ada yg menyimpang hanya ajaran menjadikan manusia mengenal siapa diri dn sang pencipta dn dlm hal nenjabarkan asmo3 mohon kalo bisa jangan di tulis karna sedulur jg tau pantang larang dlm hal ini dn setidaknya kalo belum di wirid atau di ba,at tkt salah penilaian suwun

2 Mei 2014 14.00  
Blogger bintang lalana mengatakan...

saudara agus tolong hapus comment anda, demi kebaikkan saudara sendiri... trimakasih

23 Mei 2014 23.55  
Blogger wahid ber mengatakan...

Maaf sebelumnya..
Nama saya bayu...sy pernah di wirid dan membaca syahadat ilmu sejati di malang
Sy udah lama gak bertemu dgn yg mewirid sy...karena saya pindah ke kalimantan timur...
Mohon bantuan saudara semua agar pelajaran sy gak terputus
Sy pindah sejak tahun 2008...sampai skr 2014 sy tidak tahu mau kemana untuk melanjutkan pelajaran saya
Posisi sy skr di samarinda
Kalu ada yag berkenan...hubungi saya di nomor :
081257166609
Email : shang_krisna@yahoo.com

Terima kasih sebelumnya

30 Mei 2014 05.44  
Blogger Nuidam Tri mengatakan...

Maaf mas agus comenya tolong di hapus,tramakasih,

19 Agustus 2014 07.22  
Blogger Nuidam Tri mengatakan...

Maaf mas agus saya dari jambi,tolong komen nya di hapus...sya juga penganut ajaran ilmu sejati,saya asli madiun merantau ke jambi th 80.trimakasih mas agus

19 Agustus 2014 07.33  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda